STP Protocol (Spaning Tree Protocol) Layer2

Pada kesembatan kali ini saya ingin berbagi tips dari pengalaman yang pernah saya alami.ditempat saya bekerja yang menggunakan banyak simpul switch.yang terkadang user salah mencolok kabel yang ada.maka akan terjadi suatu Broadcast Storm,


Broadcast merupakan bentuk proses dari suatu perangkat (device) jaringan yang melakukan transmisi signal ke semua alat didalam jaringan yang sama atau ke jaringan yang berbeda.

Storm definisi sederhananya adalah ‘Badai ‘ atau proses yang dapat dikatakan terus menerus akibat terjadi kondisi looping dalam suatu Network Circle.
Suatu Broadcast Storm terjadi apabila terdapat banyak sekali layer 2 frame broadcast didalam jaringan, sehingga kondisi ini tentunya dapat menguras seluruh bandwidth yang ada dalam jaringan tersebut. Konsekwensinya, tidak ada lagi bandwidth yang tersedia sehingga traffic komunikasi data dalam jaringan menjadi congestion ( macet ).

Broadcast Storm ini sering terjadi pada switch unmanage,Namun tidak apabila menggunakan Swicth yang manageable karena ada Fitur STP/RSTP (Spanning Tree Protocol;Rapid spaning Tree Protocol).
Kali ini saya akan menuliskan langkah2nya, menggunakan Switch yang cukup premium price;
Panasonic Switch-M24PWR
1 
2
gambar diatas menggambarkan pada lokal area (C) terdapat Human error yang melakukan sambungan kabel utp loop pada switch yg sama.

bersambung pada BPDU Guard recovery

Terimkasih
/mf

0 Response to "STP Protocol (Spaning Tree Protocol) Layer2"

Post a Comment

Komentar Saudara/i sangat bermanfaat untuk membangun Blog ini,Terimakasih
Your comments are very useful for building this blog, thank you