Wordpress atau Blogger

Ketika Seorang Penulis memutuskan untuk membuat catatannya disebuah website online,saat itu yg muncul adalah mencari Hosting (berbayar) atau Host free yang tentunya dengan keterbatasannya.
Setelah diputuskan memilih Host free,selanjutnya akan muncul pertanyaan yang kedua,dan mulai membanding-bandingkan satu dengan lainnya.ambil contoh Wordpresss.com dan Bloggernya Google

Apa saja yang perlu diketahui sehingga Sobat tidak salah pilih.Berikut Kelebihan dan kekurangan dari WordPress dan Blogger.


WORDPRESS

Wordpress sendiri secara pengertian dibagi menjadi 2 bagian
#1 Self Hosted --> (Wordpress.org)
Self hosted diartikan seperti tempat tinggal dengan sertifikat Hak Milik,(Tanah dan Bangunan/gedung) kepunyaan sendiri.

#2 Hosted --> (Wordpress.com; Blogger)
Hosted diartikan seperti tempat tinggal dengan sertifikat Hak Pakai/Sewa (Tanah.bagunan/gedung) Bukan milik Sobat,tapi Sobat memiliki salah satu unitnya..misalkan saja APartemen.Sobat hanya punya 1 Room kamarnya saja.


















POPULARITAS

tingkatan Popularitas bisa dilihat di tabel berikut ,





Peringkat Teratas diduduki oleh WordPress (Self host & Hosted) sebagai CMS paling diminati dengan persentase 31.29% dan jumlah website 312.910☺️

Blogger hanya menduduki peringkat 8 dengan persentasi 0.85% dan jumlah website 8473




KEMUDAHAN


Untuk kemudahan 2 CMS diatas sama saja.Sobat hanya perlu Registrasi untuk pertama kali dan Sobat sudah mendapat 1 Account

BIAYA


Worpress dan Blogger sama sama tidak memerlukan biaya.hanya saja ada batasan kapasitas penyimpanannya. Worpress dilimit 3Gb.dan Blogger di limited 15Gb tapi dalam 1 halaman dibatasi hanya bisa berukuran 1 Mb.

Monetisasi Iklan

Sudah menjadi standar kebutuhan seorang penulis content yg setelah mempunyai Blog akan memasang Iklan.

WordPress.com (Hosted) tidak dapat memasang Iklan dari Adsense Google,kalaupun website WordPress Sobat sudah ramai pun bisa memasang iklan WordAds nya milik WordPress sendiri.

Wordpress.Org (Self Hosted) Bisa memasang Iklan Adsense Google ataupun WordAds dan Lainnya

Blogger (hosted) dipastikan bisa memasang pengajuan Iklan Adsense google(karena blogger masih kepunyaan dan login account Google)

Demikian Uraian Singkat mengenai WordPress dan Blogger.Penulis jg pada saat menulis ini sedang dalam masa peralihan (pindah) ke Blogger :-) ☺️yang sebelumnya menggunakan WordPress.com(hosted)

/mf

3 Responses to "Wordpress atau Blogger"

  1. saya juga blogger,tapi disarankan dengan TLD top level domain

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,klu blog kita sudah TLD,adsense bisa diajukan non hosted account

      Delete

Komentar Saudara/i sangat bermanfaat untuk membangun Blog ini,Terimakasih
Your comments are very useful for building this blog, thank you